HASIBUAN, SYAFWAN HAYAT (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN PEMBESIAN PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133311013 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 5133311013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 5133311013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 5133311013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 5133311013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 5133311013 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 5133311013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5133311013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 5133311013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 5133311013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 5133311013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Pembesian tidak mencukupi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model project based learning terhadap hasil
belajar pekerjaan pembesian pada siswa kelas XII program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program keahlian teknik konstruksi batu dan beton yang terdiri dari kelas TKBB 1 dan TKBB 2 yang berjumlah 58 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah hasil keterampilan siswa yang penilaiannya terdiri dari 6 rubrik penilaian. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran training within industry memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,59 , standar deviasi sebesar 3,75. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,82 dan standar deviasi sebesar 4,54. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 17,242 dan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (17,242 > 1,67) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pekerjaan pembesian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar, Pekerjaan Pembesian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:08 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32904 |