GULTOM, HAMIDI SATRIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6143111037 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 6143111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM 6143111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 6143111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 6143111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
6. NIM 6143111037 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 6143111037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 6143111037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 6143111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM 6143111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 6143111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Belajar Dribble Bola Basket Melalui Gaya Mengajar Resiprokal dan Modifikasi Bola Pada Siswa Kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 34 orang. Berdasarkan data awal hasil belajar keterampilan Dribble Bola Basket 15 siswa telah tuntas (44,11%) dan 19 siswa tidak tuntas (55,89%) dengan nilai rata-rata klasikal 44%. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran Dribble Bola Basket dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan modifikasi bola, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori baik (75). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (91). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran Dribble Bola Basket dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan modifikasi bola, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (50). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (90). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar Dribble Bola Basket maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan lembar penilian siswa yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 22 siswa (64,70%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (35,29%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 74,50. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 30 siswa (88,23%)) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa 11,76%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 84.44. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dan modifikasi bola dapat memberikan pengaruh dalam upaya meningkatkan hasil belajar Dribble Bola Basket pada siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 033 |
Keywords: | Dribble bola basket, gaya mengajar resiprokal, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:05 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32901 |