NASUTION, SABAR SENTOSA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUSH FOREHAND TENIS MEJA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA S AL-WASHLIYAH 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2018-2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 6141111080 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 NIM 6141111080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3 NIM 6141111080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4 NIM 6141111080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5 NIM 6141111080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6 NIM 6141111080 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM 6141111080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8 NIM 6141111080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9 NIM 6141111080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13 NIM 6141111080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14 NIM 6141111080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan push forehand tenis meja melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Swasta Al-Washliyah 3 Medan tahun ajaran 2018/2019. waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 dengan jumlah siswa 22 orang, terdiri dari 5 Putra dan 17 Putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah melalui observasi kegiatan mengajar guru, siswa serta test hasil belajar pukulan push forehand yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan variasi pembelajaran dan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pukulan push forehand kelas XII IPA 1 SMA Swasta Al-Washliyah 3 Medan tahun ajaran 2018/2019. Dilihat dari data awal pukulan push forehand siswa, hanya 7 orang siwa yang tuntas (31,81%) dan 15 orang siswa yang belum tuntas (68,18%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 13 orang (59,09%) dan siswa yang belum tuntas 9 orang (40,90%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 19 orang (86,36%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (13,63%). Nilai rata-rata proses belajar siswa pada data awal adalah 68,59 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata proses belajar siswa meningkat menjadi 78,20 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata proses belajar siswa telah mencapai 89 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 31,81, pada test siklus I meningkat menjadi 59,09 dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai 86,36%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 9,61 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 11,16. Peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 27,39% dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 27,37%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat memberikan peningkatan hasil belajar pukulan push forehand pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Swasta Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 032 |
Keywords: | Pukulan push forehand tenis meja, variasi pembelajaran dan modifikasi alat, penelitian tindakan kela |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3566 Public health L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:00 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32899 |