SUGIASTI, YOVITA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS X AK SMK AL WASHLIYAH 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143342042 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 7143342042 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
3. NIM 7143342042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 7143342042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 7143342042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 7143342042 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 7143342042 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7143342042 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 7143342042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
13. NIM 7143342042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 7143342042 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Al Washliyah 3 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Active Knowledge Sharing di kelas X AK SMK Al Washliyah 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al Washliyah 3 Medan di Jl. Garu II A Medan Amplas pada semester ganjil tahun pembelajaran 2018?2019 dengan subjek penelitian siswa kelas X AK yang berjumlah 24 orang. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes serta lembar observasi. sedangkan teknik analisis data dengan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini pada siklus I diperoleh hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 4 siswa (16,67%) kategori aktif dan sangat aktif dan pada siklus II hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 21 orang siswa (87,50%) kategori aktif dan sangat aktif. Terjadi peningkatan aktivitas sebesar 70,83% telah memenuhi kriteria ketuntasan ≥ 23 atau 71,88%. Pada hasil tes belajar siswa pre-test diperoleh nilai siswa yang tuntas 4 siswa (16,67%) dengan nilai rata-rata 65, pada siklus I 15 siswa(62,50%) dengan nilai rata-rata 78,13, dan pada siklus II 21 siswa (87,50%) dengan nilai rata-rata 85 telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum sekolah ≥ 75. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada standar kompetensi persamaan dasar akuntansi di kelas X AK SMK Al Washliyah 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 030 |
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Think Pair Share, Active Knowledge Sharing |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 15:37 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32897 |