ATE, ISARANI (2018) KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM ARTIKEL ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BUKIT KABUPATEN BENERMERIAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2142111010 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 2142111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM 2142111010 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 2142111010 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM 2142111010 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 2142111010 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 2142111010 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 2142111010 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 2142111010 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM 2142111010 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM 2142111010 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bukit Kabupaten Benermeriah pada semester ganjil 2018/2019 di kelas XI SMA dengan tujuan Untuk mengetahui bagaimana kesalahan penggunaan kalimat efektif ditinjau dari aspek kesatuan, koherensi, kelogisan, kehematan, keparalelan, dan ketepatan dalam artikel ilmiah siswa dan mengetahui bagaimana kesalahan penggunaan tanda baca dalam penulisan artikel ilmiah. Menggunakan sumber data primer atau artikel hasil tulisan siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Sumber data
dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukit Kabupaten Benermeriah. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa kalimat efektif dalam artikel ilmiah siswa SMA Negeri 2 Bukit kalimat efektif yang digunakan pada 32 artikel siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukit. Dari
analsisis dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Frekuensi kesalahan yang terdapat pada tataran kesatuan adalah sebesar 41%, kesalahan pada tataran koherensi adalah sebesar 19%, kesalahan pada tataran kelogisan adalah sebesar 5%, kesalahan pada tataran kehematan adalah sebesar 21%, kesalahan pada tataran keparalelan adalah sebesar 0%, dan kesalahan pada tataran ketepatan adala sebesar 14%. (2) Frekuensi kesalahan yang terdapat pada penggunaan tanda titik adalah sebesar 44% dan frekuensi kesalahan yang terdapat pada penggunaan tanda
koma adalah sebesar 56%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 028 |
Keywords: | Kalimat Efektif; Tanda Baca; Artikel Ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 15:31 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32893 |