Hasibuan, Husin (2009) HUBUNGAN ANTARA PELAKASANAAN KOORDINASI KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA DENGAN EFETIVITAS KINERJA GURU SMP NEGERI DI KAB. DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1-035030215 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
2-035030215 Abstrak.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3-035030215 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
4-035030215 Bab I.pdf - Published Version
Download (944kB) | Preview
5-035030215 Bab V.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
6-035030215 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan positif dan berarti antara pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dan disiplin kerja bac secara sendiri¬sendiri maupun secara bersama-sama dengan efektivitas kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsfican hubungan pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dengan efektivitas kinerja guru, hubungan disiplin kerja dengan efektivitas kinerja guru, dan hubungan antara pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan efektivitas kinerja guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antar variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di lima SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 278 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 66 orang atau 23,74 % yang diambil dan populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel efektivitas kinerja guru dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,869, variabel pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,861, dan disiplin kerja dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,867. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi produk momen, regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial serta uji-t.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). terdapat hubungan positif yang berarti pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dengan efektivitas kinerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7806 dan thitung = 9,99 > ttabel = 1,67 dengan dk = 64 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (2). terdapat hubungan positif yang berarti disiplin kerja dengan efektivitas kinerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7676 dan thitung = 9,58 > ttabel = 1,67 dengan dk = 64 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (3) terdapat hubungan positif yang berarti antara pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan efektivitas kinerja guru. Hal fill ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8170 dengan dk = 63 pada taraf kepercayaan a = 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 66,70 %, yang berarti bahwa 66,70 % efektivitas kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang dapat dijelaskan dengan variabel pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda = 48,45 + 0,46X1 + 0,45X2.Simpulan hasil penelitian adalah; terdapat hubungan positif yang berartipelaksanaan koordinasi kepala sekolah dengan efektivitas kinerja guru, terdapat hubungan positif yang berarti disiplin kerja dengan efektivitas kinerja guru, dan terdapat hubungan positif yang berarti antara pelaksanaan koordinasi kepala sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan efektivitas kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Has p |
Keywords: | Kinerja guru; Koordinasi; Disiplin kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 17:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3288 |