PUTRI, IMELDA (2018) ANALISIS SOAL DALAM BUKU MANDIRI BAHASA INDONESIA KELAS VII BERDASARKAN PERSPEKTIF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMP NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111029 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 2143111029 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM 2143111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 2143111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 2143111029 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM 2143111029 TABLE LIST.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM 2143111029 APPEDINCES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM 2143111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
12. NIM 2143111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 2143111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal dalam buku MANDIRI Bahasa Indonesia kelas VII Semester ganjil berdasarkan perspektif
Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode deskriptif digunakan peneliti untuk mencari fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian ini memfokuskan pada soal berspektif HOTS dengan data yang bersumber pada buku kumpulan soal MANDIRI penerbit Erlangga. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari dua kegiatan, yaitu pengelompokkan butir soal berdasarkan proporsi soal LOTS, MOTS, dan HOTS dan pengelompokkan butir soal berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills). Hasil dari penelitian ini adalah soal level Low Order Thingking Skills (LOTS) yang berjumlah 94 soal atau setara dengan 47%, kemudian 82 soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS ) atau setara dengan 41%, dan 24 soal dengan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau setara dengan 12%. Kumpulan soal dalam buku MANDIRI ini tidak dapat dikatakan berspektif HOTS dikarenakan hanya 12% saja soal dengan kategori HOTS. Sedangkan menurut teori perbandingan 3-
4-3 proporsi soal HOTS harusnya mencapai 30% dari jumlah soal keseluruhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 025 |
Keywords: | Analisis Soal, HOTS, Taksonomi Bloom Revisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:57 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32873 |