SIRAIT, IRMALISA (2018) ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111030 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 2143111030 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
3. NIM 2143111030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 2143111030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM 2143111030 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM 2143311056 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 2143311056 APPEDINCES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 2143111030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
12. NIM 2143111030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 2143111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Secanggang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang difokuskan kepada guru bahasa Indonesia. Responden adalah guru bahasa Indonesia 3 orang. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru I sudah baik dengan persentase 90 %, guru II dalam kategori cukup baik dengan persentase 77,5 %, begitu juga dengan guru III dalam kategori cukup baik dengan persentase 72,5 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Secanggang sudah cukup baik.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru yang mengajar sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan cukup baik. Dari hasil penelitian dalam penerapan pendekatan saintifik, aspek 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan yang ada pada pendekatan santifik guru rata-rata hanya melaksanakan 3M yaitu mengamati, mengumpulkan informasi atau mencoba, dan mengkomunikasikan atau menyajikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam pelaksanaan kegiatan pendahuluan dan penutup, guru masih belum sempurna dalam melaksanakannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 024 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, Penerapan, Guru Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32871 |