MARBUN, SAHAT HEYDU BUSESA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AK SMKS JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141082 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 7143141082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 7143141082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 7143141082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 7143141082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 7143141082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 7143141082 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 7143141082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 7143141082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 7143141082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 7143141082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok pembahasan analisis peluang usaha di kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan yang berlokasi di Jalan Pertiwi No. 116 Medan, dengan jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 66 orang sebanyak 2 kelas. Adapun kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitain menunjukkan bahwa hasil belajar yang dipelajari dengan model PBL lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa pada pre test dengan model PBL adalah 50,758 dan post test sebesar 80,152, sedangkan hasil belajar siswa pada pre test dengan metode konvensional adalah 46,818 dan post test sebesar 76,212. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,187 > 1,669 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model PBL terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AK SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019 pada pokok bahasan analisis peluang usaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 012 |
Keywords: | Model Problem Based Learning ; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:39 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32865 |