APRIYANTI, TIA (2019) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143331035 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 3143331035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 3143331035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 3143331035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 3143331035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 3143331035 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 3143331035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3143331035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3143331035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
10. NIM. 3143331035 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 3143331035 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
12. NIM. 3143331035 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
13. NIM. 3143331035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
14. NIM. 3143331035 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 3143331035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
16. NIM. 3143331035 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kondisi manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, 2) Mengetahui pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS¹, X IPS², X IPS³, X IPS⁴ dan X IPS⁵ di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari lima kelas, sampel ditetapkan 25% dari jumlah siswa dengan mengambil sebanyak 42 orang dari lima kelas siswa yang berjumlah 168 orang dengan cara random acak. Untuk melengkapi data, penelitian juga mewawancarai Kepala Sekolah dan guru sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung, kemudian dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi sarana sekolah (media pendidikan, perabot dan perlengkapan lain) dan prasarana (di dalam ruang kelas) SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan masih banyak perlengkapan yang harus dipenuhi dalam menunjang proses pembelajaran dan demi tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. 2) pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan menerapkan fungsi: perencanaan, penggerakan, penggorganisasian, dan pengawasan, demi untuk terlaksananya fungsi manajemen sarana dan prasarana di sekolah secara efektif dan efisien. Manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan meliputi proses, perencanaan, pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan, inventaris, pendistribusian, dan penghapusan. Dalam hal ini mengenai manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sudah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 029 |
Keywords: | Manajemen Sarana Prasarana dan Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 14:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32862 |