HUBUNGAN PERENCANAAN RAPBS DAN PENGAWASAN INTERNAL DENGAN KINERJA GURU SMK NEGERI DAN SWASTA DI LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG

Tarigan, Jurung (2009) HUBUNGAN PERENCANAAN RAPBS DAN PENGAWASAN INTERNAL DENGAN KINERJA GURU SMK NEGERI DAN SWASTA DI LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-071188130023 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-071188130023 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 2-071188130023 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-071188130023 Abstrak.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 3-071188130023 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-071188130023 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 4-071188130023 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-071188130023 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5-071188130023 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-071188130023 Bab V.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of 6-071188130023 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-071188130023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan antara : (1) perencanaan RAPBS dengan kinerja guru, (2) pengawasan internal dengan kinerja guru, dan (3) perencanaan RAPBS dan pengawasan internal dengan kinerja guru pada sekolah menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1). Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perencana dalam RAPBS dengan kinerja guru, (2). Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengawasan internal dengan kin Oa guru, dan (3). Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan dalam RAPBS dan pengawasan internal secara bersama-sama dengan kinerja guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang keuangan, guru, bidang keuangan, komite dan stake holder pada SMK negeri dan swasta di Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 296 orang dan sample penelitian 100 orang yang diambil secara stratifikasi random sampling.Tehrtik analisis data dilakukan dengan menggunakan analsis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisa korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara perencanaan RAPBS dan pengawasan internal dengan kinerja guru tergolong kedalam kategori cukup. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara perencanaan RAPBS dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0.5542 adalah 30,71 %. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengawasan internal dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0.3905. adalah 15,25 %.Terdapat hubungan positif yang signifikan antara perencanaan RAPBS dan pengawasan internal secara bersama-sama dengan kinerj a guru sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Lubuk Pakam Kabupaten deli Serdang dengankoefisien korelasi 0.9930 adalah 98;60 %. Pengujian dilakukan pada taraf signifikan α=0.05, dk = 100. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dibutuhkan perencanaan RAPBS dan pengawasan internal yang baik.Persepsi guru tentang perencanaan (RAPBS) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru (30,71 %), Pengawasan internal mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru (1525 %) dan tentang perencanaan (RAPBS) dan pengawasan internal secara bersama sama mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru (98,60 %), jika dibandingkan secara terpisah atau parsial (30,71 % dan 15,25 %).Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Deli Serdang, Kepala Sekolah, bidang keuangan, guru, komite/stakeholder serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi tentang penelitian yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.23 Tar h
Keywords: Pengawasan internal; Guru; Keuangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 20:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item
View Item