KAMAROSA, GUSFIKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMK BM APIPSU MEDAN KELAS XI AK T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142019 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7143142019 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 7143142019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 7143142019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 7143142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 7143142019 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7143142019 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143142019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM. 7143142019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 7143142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK BM Apipsu Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran NHT (Number Head Together) Berbasis Lesson Study siswa di kelas XI AK SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Apipsu Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data mengggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Dari data hasil pengamatan aktivitas yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 siswa dari 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 23 atau sebesar (62,5%), dan 9 siswa mendapat nilai ≤ 23 atau sebesar (37,5%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 21,67. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 23 sebanyak 20 siswa (83,33%), dan siswa yang memperoleh niali ≤ 23 sebesar 4 siswa (16,67%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 26,42. Sedangkan dari data hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 14 siswa dari 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (58,33%), dan 10 siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (41,67%), dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 76,67. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 21 siswa (87,5%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 3 siswa (12,5%) dengan nilai rata – rata 85. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Number Head Together) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK pada Standar Kompetensi Memproses Dokumen Dana Kas Kecil di SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 029 |
Keywords: | Number Head Together, Lesson Study, Aktivitas Dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 11:57 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32847 |