PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MAHASISWA AKADEMI PERAWATAN (AKPER) YAYASAN SARI MUTIARA KOTA MEDAN

Hutagaol, Robinson (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MAHASISWA AKADEMI PERAWATAN (AKPER) YAYASAN SARI MUTIARA KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-071188230081_KataPengantar.pdf]
Preview
Text
1-071188230081_KataPengantar.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 2-071188230081_Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-071188230081_Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 3-071188230081_DaftarIsi.pdf]
Preview
Text
3-071188230081_DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 4-071188230081_Bab_I.pdf]
Preview
Text
4-071188230081_Bab_I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5-071188230081_Bab_V.pdf]
Preview
Text
5-071188230081_Bab_V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 6-071188230081_DaftarPustaka.pdf]
Preview
Text
6-071188230081_DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahuiperbedaan hash belajar PKn mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaranpartisipatif kelompok dan individu, mengetahui perbedaan hasil belajar PKnyang memiliki komunikasi interpersonal tinggi dan yang memiliki komunikasiinterpersonal rendah serta mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dankomunikasi interpersonal hasil belajar PKn. Populasi penelitian adalahmahasiswa Akper Sari Mutiara Kota Medan smester 1, sedangkan teknikpenarikan sampel dengan cluster random sampling, sampel diambil sebanyak 2kelas secara undian. Penelitian dilakukan pada semester I tahun 2008/2009,metode penelitian adalah kuasi eksprimen Faktorial 2x2, teknik analis datamenggunakan ANAVA. Komunikasi Interpersonal Mahasiswa diukur deganskala likret. Sedangkan hasil belajar PKn diukur menggunakan item tes hasilpenelitian menunjukkan tidak ada perberdaan hasil belajar PKn mahasiswapembelajaran partisipatif individu dan kelompok diperoleh Penelitian inimerupakan penelitian kuasi eksprimen yang dilaksanakan di Akper Sari MutiaraKota Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 155 orang dan sampelberjumlah 105 orang yang dengan Cluster random sampling , terdiri dari 55orang Kelas A yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran partisipatifkelompok dan 50 orang kelas B dengan strategi pembelajaran partisipatifindividual. Untuk menguji hipotesis basil belajar yang digunakan adalah basilbelajar PKn yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi dan hash belajaryang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Uji statistika yang digunakandalam penelitian ini statistika deskriptif menyajikan data statistik infrensialdigunakan ANAVA sebelum ANAVA digunakan terlebih dahulu dilakukan ujipersyaratan analis data yaitu uji normalitas , lilifors dan uji homogenitas Variansdengan uji Bartlett. Intrumen penelitian hasil belajar PKn menggunakan tesberbentuk pilihan ganda berjumlah 35 butir dan memiliki reabilitas 0,761menggunakan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Untuk Mahasiswa yangmemiliki Komunikasi intepersonal tinggi dan rendah menggunakan teskomunikasi interpersonal menggunaka skala Liked yang sudah Baku. Hasilpengujian hipotesis menunjukkan diajar dengan strategi partisipatif kelompokmemiliki hash belajar PKn yang lebih tinggi dibandingkan hasil belajar strategipartisipatif individual. Hal ini di tunjukan oleh hitung = 1,20 > table = 4,02, padataraf signifikasi α 40,05. komunikasi interpersonal tinggi hasil belajar PKn lebihtinggi yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Hal ini ditunjukan oleh Fhitung = 48,46 > tabel = 4,06 pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk=(0,76),dan intraksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonalmahasiswa terhadap hash belajar PKn. Hal ini tunjukan hitung = 48,46 > tabel 4,06 pada taraf signifikan α=0,05. Dengan uji lanjut menggunakan uji Scheffedibuktikan yang menggunakan strategi pembelajaran partisipasifatif kelompokakan memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibanding diajar strategipembelajaran partisipatif individual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378. 04 Hut p
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Hasil Belajar
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 20:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item
View Item