HANDAYANI, NUR (2019) ANALISIS METODE MENGAJAR GURU IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1, 2, 3 KECAMATAN TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BERDAGAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3131131022 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
02. NIM. 3131131022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
03. NIM. 3131131022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
04. NIM. 3131131022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
05. NIM. 3131131022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
06. NIM. 3131131022 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
07. NIM 3131131022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 3131131022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 3131131022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
14. NIM 3131131022 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
15. NIM 3131131022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah metode mengajar guru IPS dalam penggunaan metode mengajar guru SMP pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1, 2, 3 Kecamatan Tanjung Beringin. Metode penelitiannya adalah deskriptif dengan bentuk survey. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1, 2, 3 Kecamatan Tanjung Beringin dengan jumlah populasi sebanyak 10 orang guru dan sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung melalui wawancara, angket dan studi dokumentasi. Data metode penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode mengajar guru IPS Terpadu di SMP Negeri 1, 2, 3 Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru IPS sering menggunakan 7 metode mengajar, yaitu: (1) Metode Ceramah,(2) Metode Diskusi, (3) Metode Demonstrasi, (4) Metode Resitasi, (5) Metode latihan, (6) Metode Tanya Jawab, (7) Metode kerja kelompok. Pada indikator persiapan metode mengajar guru diperoleh jumlah rata-rata sebesar 0,72 dan tergolong pada kategori mampu. Pada indikator proses mengajar diperoleh jumlah rata-rata sebesar 0,95 dan dikategorikan mampu. Pada indikator keterampilan membuka dan menutup pelajaran diperoleh jumlah rata-rata sebesar 0,9 tergolong pada kategori mampu. Pada indikator pemanfaatan waktu mengajar guru memperoleh jumlah rata-rata sebesar 0,5 dikategorikan kurang mampu. Pada indikator keterampilan memberikan variasi metode mengajar guru diperoleh jumlah rata-rata 0,85 dan dikategorikan mampu. Dimana pada indikator keterampilan siswa diperoleh jumlah rata-rata sebesar 1 dan dikategorikan mampu, Sedangkan pada indikator keaktifan siswa diperoleh jumlah rata-rata sebesar 1 dan tergolong pada kategori mampu, indikator kecakapan juga diperoleh jumlah rata-rata sebesar 1 dan tergolong pada kategori mampu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 027 |
Keywords: | Metode Mengajar, Guru IPS Terpadu |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 11:22 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32827 |