SINAGA, AZARIA ROMAITO (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143342007 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7143342007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM 7143342007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM 7143342007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 7143342007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 7143342007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7143342007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7143342007 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 7143342007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM 7143342007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 7143342007 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jl. Jambi No.23D, Pandau Hulu Medan pada tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi sejumlah 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 2 sejumlah 30 siswa untuk masing-masing kelas dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal dikutip dari buku pegangan guru yang sudah dianggap valid dan reliabel..Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian data post test diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 81,7 dengan Standar Deviasi (S) = 6,608 dan skor rata-rata kelas kontrol 72,3 dengan Standar Deviasi (S) = 6,261. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,71 dan ttabel = 1,671,sehingga thitung> ttabel (5,71 > 1,671) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 024 |
Keywords: | Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, Metode Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:45 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32808 |