YULIANTI, RETNO (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL PRAKTEK SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR SISWA DI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143142020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5143142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
3. NIM. 5143142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5143142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 5143142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 5143142020 TABLES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7. NIM. 5143142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 5143142020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 5143142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM. 5143142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 5143142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil praktek siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil praktek yang diajar dengan menggunakan model konvensional, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil praktek boga dasar pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar pada Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan 30 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rubric penilaian pengamatan dalam bentuk tabel pengamatan yang memiliki 9 aspek penilaian didalamnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,91 dan standar deviasi 3,63 dengan tingkat kecendrungan 80 % berada pada ketegori baik. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,22 dan standar deviasi 3,81 dengan tingkat kecendrungan 76,67 % berada pada ketegori cukup. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,95 > 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BOGA 006 |
Keywords: | Make A Match, Model Konvensional, Hasil Praktek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:42 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32806 |