Manullang, Ratna (2009) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN SIKAP KOPERATIF DENGAN KINERJA GURU SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1-061188110007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
2-061188110007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3-061188110007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
4-061188110007 Bab I.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
5-061188110007 Bab V.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
6-061188110007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan SMK Teladan menjadi suatu sekolah yang memiliki ISO sebagai salah sate indikator kinerja guru yang balk ditengah-tengah keterpurukan mutu pendidikan pada tingkat sekolah menengah di Indonesia, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan kepemimpinan transaksional dengan kinerja guru, hubungan sikap kooperatif dengan kinerja guru dan hubungan kepemimpinan transaksional dan sikap kooperatif secara bersama-sama dengan kinerja guru .Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional sesuai dengan sifatnya yang ingin melihat hubungan antar variabel penelitian. Menggunakan seluruh guru SMK Teladan Medan yang jumlahnya sebanyak 71 orang sebagai populasi penelitia, dan mengambil sebanyak 30 orang guru sebagai sample penelitian yang ditetapkan dengan menggunakan Nomogram Hary. King. Untuk mengumpulkan data digunakan angket meliputi ; angket untuk menjaring data variabel kinerja guru yang memiliki koefisien reliabilitas r11 sebesar 0,96 , angket untuk menjaring data variabel kepemimpinan transaksional dengan koefisien reliabilitas r11 sebesar 0,89 dan angket untuk menjaring data variabel sikap kooperatif dengan koefisien reliabilitas r11 sebesar 0,85. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persamaan korelasi product moment, regresi sederhana, regresi ganda, korelasi parsial dan uji -t.Berdasarkan hasil perhitungan temyata hipotesis : (1) yang menyatakan terdapat hubungan positif yang berarti kepemimpinan transaksional dengan kinerja guru dapat diterima sesuai dengan harga koefisien korelasinya yaitu sebesar r = 0,81 dan t tutting > t babel yaitu 7,27 > 2,05 dengan dk = 28 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (2) yang menyatakan terdapat hubungan positif yang berarti sikap Kooperatif dengan kinerja guru dapat diterima sesuai dengan harga koefisien korelasinya yaitu sebesar r = 0,79 dan t hitting > t tabet. yaitu 6,85 > 2,05 dengan dk = 28 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (3) yang menyatakan terdapat hubungan positif yang berarti kepemimpinan transaksional secara bersama-sama dengan kinerja guru dapat diterima sesuai dengan harga koefisien korelasinya sebesar R = 0,43 atau R2 = 0,66 dengan dk = 28 pada taraf kepercayaan a = 0,05, memberikan sumbangan efektif sebesar 65,99% , ini memberi arti bahwa 65,99 % kinerja guru SMK Teladan Medan dapat dijelaskan dengan kepemimpinan transaksional kepala sekolah dan sikap kooperatif guru.yang dijelaskan melalui persamaan Y = 0,99 + 0,44 X1 + 1,33 X2.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang berarti antara kepemimpinan transaksional dan sikap kooperatif baik secara terpisah maupun secara bersarna-sama dengan kinerja guru SMK Teladan Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.230 68 Man h |
Keywords: | Guru; Kepemimpinan; Sikap kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 20:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3280 |