NAINGGOLAN, DEVI MONITA (2018) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BATIK TULIS SISWA KELAS XI KRIA TEKSTIL SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113341006 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 5113341006 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM 5113341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 5113341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 5113341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 5113341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 5113341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 5113341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM 5113341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM 5113341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 5113341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sejauh mana kemandirian belajar mata pelajaran batik tulis siswa kelas XI Kria Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi (2) Hasil belajar mata pelajaran batik tulis siswa kelas XI Kria Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi; (3) Hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Kria Teksil SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Kria Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi sebanyak tiga kelas dengan jumlah 99 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 67 orang siswa kelas XI KT 1 dan XI KT 2. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar penguasaan materi mata pelajaran batik tulis. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa dikategorikan cenderung cukup sebesar 40% dan hasil pengetahuan belajar siswa cenderung cukup sebesar 45%. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian belajar berdistribusi tidak normal dimana 19,39 > 11,070,dan data hasil pengetahuan belajar siswa berdistribusi tidak normal dimana 66,002 > 11.070. Kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel (1,2 < 1,79 ). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran batik tulis siswa kelas XI KT SMK Negeri 1 Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKK 001 |
Keywords: | Kemandirian belajar siswa, hasil belajar batik tulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures > TS1300 Textile industries |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:18 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32797 |