PURBA, MESIA JELITA HASIANDA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS LECTORA INSPIRE KELAS XI SMA SWASTA KATHOLIK SANTA MARIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111027 COVER .pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 2143111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
3. NIM 2143111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 2143111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 2143111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 2143111027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2143111027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM 2143111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
12. NIM 2143111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 2143111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Katholik Santa Maria Medan semester ganjil tahun pembelajaran 2018/2019 di kelas XI dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis lectora inspire. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan validasi ahli materi I yaitu Bapak Drs. Azhar Umar, M.Pd., ahli materi II yaitu guru bidang studi Bahasa Indonesia Ibu Magdalena Simbolon, s.Pd., dan validasi media yaitu Bapak Khairil Irfan Lubis, M.Pd.berdasarkan validasi dapat disimpulkan bahwa penilaian akhir dari ahli materi I dan II , rata-rata dari kualitas materi adalah 4.7dengan tingkat kelayakan 93%. Dengan demikian aspek kualitas materi dari media pembelajaran dinyatakan layak. Berdasarkan penilaian akhir dari ahli materi I dan II rata-rata aspek isi pembelajaran adalah 4.5 dengan tingkat kelayakan 90%. Dengan demikian aspek isi pembelajaran dari media dinyatakan layak. Berdasarkan penilaian akhir ahli media terhadap aspek tampilan adalah 4.3 dengan tingkat kelayakan 87%. Dengan demikian aspek tampilan dari media dinyatakan layak. Berdasarkan penilaian akhir aspek pemrograman dari media adalah 4.3 dengab tingkat kelayakan 86%. Dengan demikian aspek pemrograman dari media dinyatakan layak. Dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis lectora inspire kelas XI SMA Swasta Katholik Santa Maria Medan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 018 |
Keywords: | media pembelajaran, menulis, teks eksplanasi, Lectora Inspire |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:04 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32792 |