SITINJAK, ADELIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143111001 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 2143111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 2143111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2143111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2143111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 2143111001 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2143111001 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2143111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2143111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 2143111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 2143111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 174 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 34 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2018/2019.Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas ekperimen. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (Pre-test) dan sesudah ekperimen (Post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen Sebelum menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2018/2019 adalah kurang dengan nilai rata-rata 57,35. Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2018/2019 adalah baik dengan nilai rata-rata 83,52.Model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Ini membuktikan dari hasil uji t diperoleh nilai 2,00 < 23,67. Untuk itu perlu guru bahasa indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaraan menganalisis unsur intrinsik cerpen kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle, karena model pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 017 |
Keywords: | Model; pembelajaran; inside outside circle; unsur intrinsik; cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:00 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32790 |