MALAU, ELENDRA FITRI (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341010 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 4143341010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. NIM 4143341010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM 4143341010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM 4143341010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM 4143341010 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 4143341010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM 4143341010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 4143341010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 4143341010 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM 4143341010 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI MIA SMAN 14 Medan tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan menggunakan teknik sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen pertama yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa kelas XI MIA 4 yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning. Perolehan nilai rata-rata postes kelas Problem Based Learning sebesar 83,56 dan kelas Discovery Learning sebesar 80,33. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Liliefors. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (5,02 > 1,671). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 059 |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem Based Learning; Discovery Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:53 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32787 |