SEMBIRING, BOBBY CHRISMAS (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK BERBASIS AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 6141111010 Cover.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 Nim 6141111010 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3 Nim 6141111010 Abstract.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4 Nim 6141111010 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5 Nim 6141111010 Table of Content.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6 Nim 6141111010 List of Table.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 Nim 6141111010 List of Figure.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 Nim 6141111010 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9 Nim 6141111010 Chapter I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13 Nim 6141111010 Chapter V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14 Nim 6141111010 References.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Permainan Bola Voli Melalui Penguatan Umpan Balik Berbasisi Audiovisual Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui Penguatan Umpan Balik Berbasis Audiovisual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data dan paparan data. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar Siklus I dan Tes Hasil Belajar Siklus II dengan teknik dasar passing bawah melalui penguatan umpan balik berbasis audiovisual dengan dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) dari data hasil tes belajar siklus I diperoleh 17 orang (53,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan 15 orang (46,87%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Maka nilai rata-rata hasil belajar siswa ialah 72,78. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh 29 orang (90,62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (9,37%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Maka nilai rata-rata hasil belajar siswa ialah 79,20. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 6,42 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 37,50%. Kesimpulan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa melalui Penguatan Umpan Balik Berbasis Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 016 |
Keywords: | - |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 09:44 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32782 |