Sinabutar, Dusli (2009) HUBUNGAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI KECAMATAN PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1-071188130034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
2-071188130034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4-071188130034 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3-071188130034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5-071188130034 Bab V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
6-071188130034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakarigi oleh kenyataan bahwa masih banyak guru yang tidak Iayak mengajar di berbagai jenjang pendidikan.Masalah penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat hubungan antara kreativitas dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan; (2) apakah terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan; dan (3) apakah terdapat hubungan antara kreativitas dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan.Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan; (2) untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan; dan (3) untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antara variabel penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan yang jumlah 136 orang dan sampel betjumlah 51 orang yang diambil dari populasi dengan teknik stratified Proportional Random Sampling. Instrumen pengumpul data adalah: (1) tes untuk variabel kreativitas yang dilaksanakan oleh tim psikolog dari Universitas Negeri Medan; (2) angket untuk variabel motivasi berprestasi dengan koefisien reliabilitas r = 0,923; dan (3) observasi untuk variabel kompetensi pedagogik guru dengan koefisien reliabilitas r = 0,992. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi sederhana dan ganda.Hasil analisis data menunj ukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan. Besarnya variasi kompetensi pedagogik yang dapat dijelaskan kreativitas dan motivasi berprestasi sebesar 49,26 %. Selanjutnya ditemukan bahwa kreativitas guru memberikan kontribusi sebesar 31,96% terhadap kompetensi pedagogik, sementara motivasi berprestasi guru memberikan kontribusi 17,30%.Simpulan hasil penelitian adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dan motivasi berprestasi secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Kecamatan Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Sin h |
Keywords: | Kompetensi; Kreativitas; Motivasi; Prestasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3276 |