SILALAHI, HATSUKO LAMBOK LEONARDO (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3143111025 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 3143111025 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. NIM 3143111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 3143111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 3143111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 3143111025 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 3143111025 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 3143111025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 3143111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM 3143111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM 3143111025 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru PKn terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada kelas X SMA Negeri 6 Medan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel terikat kompetensi pedagogik guru PPKn dan variabel bebas hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan dengan jumlah populasi 209 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling (acak sederhana) 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 42 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dari data hasil angket/kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari dengan hasil perhitungan koefisien korelasi bahwa rhitung (rh) sebesar 0,356 sedangkan rtabel pada n=42 pada taraf 5% adalah 0,3044 dengan demikian harga rhitung>rtabel yaitu 0,356>0,3044 sehingga koefisien korelasi Variabel X dan Variabel Y adalah signifikan. Daftar distribusi t,untuk dk42 diperoleh harga ttabel 1,683 pada α =0,05 atau taraf sinifikan 5 % dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka diperoleh hasil thitung >ttabel yaitu 2,408>1,683. Berdasarkan hasil pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini”ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKN 012 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Guru PPKn, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:35 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32736 |