MUNTHE, NURHIDAYAH (2018) PEMBUATAN POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GENETIKA DI SMA NEGERI 1 AEK NATAS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4141141052 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 4141141052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM 4141141052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. NIM 4141141052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
5. NIM 4141141052 TABLE OF CONTENT.docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4141141052 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4141141052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4141141052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 4141141052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM 4141141052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 4141141052 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Membuat produk poster bergambaryang valid berdasarkan ahli pada materi pokok Genetika; (2) Mengetahui validitas produk poster bergambarpada materi Genetika yang dikembangkan menurut ahli desain; (3) Mengetahui respons siswaterhadap produk poster bergambar pada materi Genetika yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi 4 tahapan yaitu (1) Pendahuluan (Define); (2) Peracangan(Design); (3) Pengembangan (Develop);dan(4) Penyebaran (Disseminate). Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, ahli media dan ahli desain, 1 guru biologi SMAN 1 Aek Natas, 3 siswa SMAN 1 Aek Natas pada uji coba perorangan, 9 siswa SMAN 1 Aek Natas pada uji coba kelompok kecil, dan 28 siswa SMAN 1 Aek Natas pada uji coba kelompok besar. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil validasi poster pada materi genetika oleh 3 orang dosen menunjukkan bahwa produk poster yang dihasilkan termasuk valid dengan persentase sebesar (90,03%). Hasil uji praktikalitas terbatas oleh guru termasuk sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 92,4%, sedangkan hasil uji praktikalitas terbatas oleh siswa termasuk sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 90,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pembuatan poster sebagai media pembelajaran pada materi genetika di SMAN 1 Aek Natas ini laya digunakan sebagai sumber belajar tambahan siswa kelas XII IPA atau sebagai penunjang pembelajaran materi genetika di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 052 |
Keywords: | Media Pembelajaran, poster, genetika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:18 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32726 |