AYU, TRI UTAMI KESUMA (2019) PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 6141111092COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 6141111092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3.NIM. 6141111092ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 6141111092PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5.NIM. 6141111092TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6.NIM. 6141111092TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7.NIM. 6141111092ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8.NIM. 6141111092 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9.NIM. 6141111092CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
13.NIM 6141111092CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM. 6141111092BIBLIOGRAPH.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui penerapan permainan tradisional pada siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019”. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 dengan jumlah siswa 36 orang, terdiri dari 22 Putra dan 14 Putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Instrumen penelitian ini adalah melalui observasi kegiatan mengajar guru, siswa serta test hasil belajar lari sprint yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lari sprint siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2018/2019. Dilihat dari data awal lari sprint siswa, hanya 6 orang siswa yang tuntas (16,66%) dan 30 orang siswa yang belum tuntas (83,33%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 18 orang (50%) dan siswa yang belum tuntas 18 orang (50%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 31 orang (86,11%) dan siswa yang belum tuntas 5 orang (13,89%). Persentase ketuntasan klasikal pada data awal adalah 16,66%, pada test siklus I meningkat menjadi 50 % dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai 86, 11%. peningkatan proses belajar dari siklus I ke siklus II adalah 10,23, sedangkan peningkatan secara klasikal adalah 39,11%. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti, dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasamani dapat memberikan peningkatan hasi belajar yang signifikan dalam pembelajaran lari sprint pada siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 008 |
Keywords: | Lari Sprint, Permainan Tradisional, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 15:12 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32721 |