PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.P 2018/2019

SIMANJORANG, NOVA SRYDEVI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01_4141121046_COVER.pdf]
Preview
Text
01_4141121046_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 02_4141121046_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02_4141121046_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 03_4141121046_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03_4141121046_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 04_4141121046_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04_4141121046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 05_4141121046_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05_4141121046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 06_4141121046_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06_4141121046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 07_4141121046_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07_4141121046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 08_4141121046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08_4141121046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 09_4141121046_BAB I.pdf]
Preview
Text
09_4141121046_BAB I.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of 13_4141121046_BAB V.pdf]
Preview
Text
13_4141121046_BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 14_4141121046_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14_4141121046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran Fisika dan Pengukurannya di Kelas X Semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel total, yaitu kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang telah divalidasi sebagai salah satu prasyarat dan observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan penilaian aktivitas belajar siswa ada perbedaan aktivitas belajar siswa pada kelas ekperimen memiliki peningkatan yang semakin naik di setiap pertemuan, sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol memiliki peningkatan yang tidak cukup naik di setiap pertemuan. Hasil pretest kedua kelas menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji t dua pihak diperoleh th = 0,74 dan tt = 2,002, (th < tt) hal ini menyatakan kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya dilakukan perlakuan yang berbeda, lalu diberikan posttest diperoleh th = 9,12 dan tt = 1,671 (th > tt), hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran fisika dan pengukurannya di kelas X semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 063
Keywords: quasi eksperiment, konvensional, aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 14:27
Last Modified: 14 May 2019 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32695

Actions (login required)

View Item
View Item