SIMANJORANG, NOVA SRYDEVI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4141121046_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02_4141121046_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
03_4141121046_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04_4141121046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
05_4141121046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
06_4141121046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
07_4141121046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
08_4141121046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
09_4141121046_BAB I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13_4141121046_BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14_4141121046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran Fisika dan Pengukurannya di Kelas X Semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel total, yaitu kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang telah divalidasi sebagai salah satu prasyarat dan observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan penilaian aktivitas belajar siswa ada perbedaan aktivitas belajar siswa pada kelas ekperimen memiliki peningkatan yang semakin naik di setiap pertemuan, sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol memiliki peningkatan yang tidak cukup naik di setiap pertemuan. Hasil pretest kedua kelas menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji t dua pihak diperoleh th = 0,74 dan tt = 2,002, (th < tt) hal ini menyatakan kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya dilakukan perlakuan yang berbeda, lalu diberikan posttest diperoleh th = 9,12 dan tt = 1,671 (th > tt), hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran fisika dan pengukurannya di kelas X semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 063 |
Keywords: | quasi eksperiment, konvensional, aktivitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 14:27 |
Last Modified: | 14 May 2019 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32695 |