MUNTIA, RISMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANGTUALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2142111023 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM.2142111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3. 2142111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. 2142111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 2142111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 2142111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 2142111023 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2142111023 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
12. NIM. 2142111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM. 2142111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, dan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padangtualang tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 175 siswa. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII E yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah essay test. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 64,86, standar deviasi 7,85 dan termasuk kategori sangat baik 0%, kategori baik 36,11%, kategori cukup 55,55%, kategori kurang 10%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 77,5, standar deviasi 7,77 dengan kategori sangat baik 27,77%, kategori baik 61,11%, kategori cukup 11,11%, kategori kurang 0%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 6,94. Setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 =35 dari df 35 diperoleh taraf 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran pair check terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padangtualang tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 013 |
Keywords: | Pair check, menulis, teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 12:05 |
Last Modified: | 14 May 2019 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32669 |