SIAHAAN, SUKMA INSANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS XI MIA MAN 1 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141070 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 4141141070 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4141141070 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 4141141070 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 4141141070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 4141141070 ILLUSTARTION_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 4141141070 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4141141070 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4141141070 CHAPTER I_rtf.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM 4141141070 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4141141070 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan kognitif dan aktivitas siswa pada materi sistem gerak manusia di kelas XI MIA MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 336 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA-4 dan XI MIA-5. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif kelas eksperimen sebesar 89,625 dan kelas kontrol sebesar 79, sedangkan nilai aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 87,72 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 66,31 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,794 >1,665) untuk kemampuan kognitif siswa dan untuk aktivitas siswa thitung > ttabel (7,25 > 1,665), maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan kognitif dan aktivitas siswa pada materi sistem gerak manusia di kelas XI MIA MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 032 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Kemampuan Kognitif, Aktivitas Siswa, Sistem Gerak Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:49 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32659 |