HANDAYANI, ELSA (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GANJIL SMAN 3 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321012 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4143321012 APPROVAL SHEET..pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM 4143321012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM 4143321012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4143321012 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4143321012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 4143321012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4143321012 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM 4143321012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 4143321012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 4143321012 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 6 soal yang sudah divalidasi. Dari data nilai pretes, hasil uji t menyatakan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kedua kelas, dari hasil postes diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 75,65 dan nilai rata–rata postes untuk kelas kontrol 67,57. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok fluida dinamis di SMA Negeri 3 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 060 |
Keywords: | Discovery learning, media phet, kemampuan pemecahan masalah, fluida dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:45 |
Last Modified: | 14 May 2019 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32657 |