NASUTION, CHALIDAZIA ANANDA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN REAL LABORATORY PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 3 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321008 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4143321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM 4143321008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 4143321008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 4143321008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 4143321008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 4143321008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 4143321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4143321008 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM 4143321008 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 4143321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Real Laboratory terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A. 2018/2019. Sampel penelitian ini terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Real Laboratory dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test objektif sebanyak 20 soal, observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa. Dari analisa nilai pretes, hasil uji t menyatakan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kedua kelas, dari analisa nilai postes diperoleh rata-rata untuk kelas eksperimen 72,50 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol 51,33. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Real Laboratory secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran kelas X SMA Negeri 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 058 |
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Teaching, Real Laboratory, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:39 |
Last Modified: | 14 May 2019 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32654 |