PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN REAL LABORATORY PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 3 MEDAN T.A. 2018/2019

NASUTION, CHALIDAZIA ANANDA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN REAL LABORATORY PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 3 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143321008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143321008 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143321008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143321008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143321008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143321008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143321008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143321008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143321008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143321008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143321008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143321008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143321008 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143321008 BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143321008 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143321008 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Real Laboratory terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A. 2018/2019. Sampel penelitian ini terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Real Laboratory dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test objektif sebanyak 20 soal, observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa. Dari analisa nilai pretes, hasil uji t menyatakan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kedua kelas, dari analisa nilai postes diperoleh rata-rata untuk kelas eksperimen 72,50 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol 51,33. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Real Laboratory secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran kelas X SMA Negeri 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 058
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Real Laboratory, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 11:39
Last Modified: 14 May 2019 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32654

Actions (login required)

View Item
View Item