AR, NURUL SAKINAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 21 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4143121039_COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
02. NIM 4143121039_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
03. NIM 4143121039_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
04. NIM 4143121039_PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
05. NIM 4143121039_TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
06. NIM 4143121039_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
07. NIM 4143121039_TABLES.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
08. NIM 4143121039_APPENDICS.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
09. NIM 4143121039_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM 4143121039_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM 4143121039_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa serta mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang diajarkan dengan model pembelajaran group investigation dengan metode everyone is a teacher here dan kelas XI IPA 4 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing sampel dari kedua kelas tersebut berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes esai berjumlah 9 soal serta instrumen nontes yang berupa observasi aktivitas siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian dari uji t dua pihak (pretes) menunjukkan nilai thitung = 0,855 dan ttabel = 2,002, maka thitung < ttabel, yang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Untuk nilai dari uji t satu pihak (postes) menunjukkan nilai thitung = 8,498 dan ttabel = 1,671, maka thitung > ttabel yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran semakin meningkat, serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 057 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Metode Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 11:35 |
Last Modified: | 14 May 2019 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32651 |