Lismayadi (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DAN AKTIVITAS PAKEM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL, PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA KOMPUTER DI KELAS VIII C SMP JAYA KRAMA BERINGIN. Masters thesis, UNIMED.
1-081188810001 Pengantar.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
2-081188810001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3-081188810001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
4-081188810001 Bab I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
5-081188810001 Bab V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6-081188810001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan basilbelajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (ProblemBased Learning) dengan menggunakan media komputer pada materi Pertumbuhandan Perkembangan di kelas VIII C SMP Jaya Krama Beringin. (2) mengetahuipeningkatan aktivitas PAKEM melalui penerapan model pembelajaran berbasismasalah (Problem Based Learning) dengan menggunakan media komputer padamateri Pertumbuhan dan Perkembangan di kelas VIII C SMP Jaya Krama Beringin.Penelitian ini dilakukan di 5MP Jaya Krama Beringin. Pada bulan Mei - Agustus2010 dilakukan dalam dua siklus tindakan yang terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiapsiklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan(observation), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII C SMP Jaya Krama Beringin, tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlahsiswa sebanyak 35 siswa. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah: (1)peningkatan hash belajar IPA pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan di kelasVIII C SMP Jaya Krama Beringin melalui penerapan model pembelajaran berbasismasalah (Problem Based Learning) dengan menggunakan media komputer; (2)peningkatan aktivitas PAKEM IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasismasalah (Problem Based Learning) dengan menggunakan media komputer padamateri Pertumbuhan dan Perkembangan di kelas VIII C SMP Jaya Krama Beringin.Instrumen pengumpul data terdiri dari tes kemampuan hasil belajar dan lembarobservasi aktifitas PAKEM. Berdasarkan hash evaluasi proses dan hasil setiappembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkandalam penelitian ini, ditemukan, hasil evaluasi pada akhir siklus Imenunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 69,29% dengan peningkatanhash belajar yang dinyatakan dalam persentase Gain ternormalisasi sebesar48% mempunyai kategori sedang. Hasil evaluasi pada akhir siklus II skorrata-rata kelas mencapai 78,70% dengan peningkatan hash] belajar dinyatakandalam bentuk persentase Gain ternormalisasi adalah 64% mempunyai kategorisedang. Skor aktifitas pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan(PAKEM) dari hash observasi yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus IImenunjukkan adanya peningkatan skor pada kriteria aktif sebesar 26%, peningkatanskor pada kriteria kreatif sebesar 17%, peningkatan skor pada kriteria efektifsebesar 16%, peningkatan skor pada menyenangkan sebesar 16%, Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranberbasis masalah (Problem Based Learning) dengan menggunakan media komputerdapat meningkatkan hasil belajar dan dapat meningkatkan aktifitas PAKEM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Lis p |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Pakem; Problem Based Learning; Media komputer; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 17:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3265 |