ERIYANA, DWI RIZKI (2019) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XII SMK TUNAS PELITA BINJAI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM.7143141021 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2 NIM.7143141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
3 NIM. 7143141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4 NIM.7143141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5 NIM. 7143141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6 NIM.7143141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7 NIM. 7143141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 NIM.7143141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9 NIM. 7143141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13 NIM. 7143141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14 NIM. 7143141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Problem Posing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XII SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Tunas Pelita Binjai yang berjumlah 242 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan simple random sampling, yaitu Simple random sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII AP dan XII AK yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80 dengan standar deviasi 9,68 dimana nilai varians 93,75. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73 dengan standar deviasi 10,61 dimana nilai varians 112,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95% diperoleh ttabel sebesar 1,677 dan thitung sebesar 2,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2,29) > ttabel (1,677 ) maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dalam kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Dan hasil belajar dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Problem Posing lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52% daripada hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Konvensional dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,67% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas XII SMK Tunas Pelita Binjai Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 005 |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Problem Posing, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:51 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32637 |