SARAH, MAY (2018) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5141144009 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM. 5141144009 - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 06 TABEL LIST.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 08 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 5141144009 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media interaktif berbasis macromedia flash penataan sanggul tradisional (Dendeng) pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan. Selain itu penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif berbasis macromedia flash pada pembelajaran penataan sanggul tradisional (Dendeng)Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan media dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis pebelajar dan konteks, tujuan umum dan khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif meliputi: (a) ujicoba perorangan, (b) ujicoba kelompok kecil dan (c) ujicoba kelompok besar) dan pada tahap akhir melakukan evaluasi sumatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket validasi oleh ahli media, ahli materi, ujicoba lapangan dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran penataan sanggul tradisional (Dendeng) termasuk pada kategori baik ditinjau dari aspek media maupun aspek materi. Hasil validasi ahli media pada tahap I diperoleh rata-rata skor sebesar 2,95 (cukup) dan 3,10 (cukup). Setelah dilakukan revisi sesuai saran ahli, pada tahap II diperoleh rata-rata skor sebesar 3,95 (baik) dan 4,0 (baik). Sementara hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,80 (baik). Hasil ujicoba lapangan secara perorangan menunjukkan bahwa media tergolong baik dengan rata-rata skor sebesar 3,89. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 3,84 atau tergolong baik serta hasil ujicoba kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 3,93 atau tergolong kategori baik.Hasil evaluasi sumatif menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis macromedia flash efektif digunakan pada pembelajaran penataaan sanggul tradisional (Dendeng) di kelas XI bidang keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretes diperoleh rata-rata nilai sebesar 40,7 dengan persentase ketuntasan sebesar 0% dan hasil postes diperoleh rata-rata nilai sebesar 86,0 dengan persentase ketuntasan sebesar 93,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 005 |
Keywords: | Penataan Sanggul Tradisional, Media Interaktif, Macromedia F Lash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:40 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32632 |