SITANGGANG, SAMUEL MARIO HARYONO (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA N 1 TANJUNG MORAWA T.A 2017/018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121052 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 4143121052 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM 4143121052 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 4143121052 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4143121052 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 4143121052 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4143121052 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. 4143121052 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 4143121052 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM 4143121052 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM 4143121052 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester I SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019
Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretes – Posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan XI MIA-4sebagai kelas control berjumlah 30 siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dalam bentuk essay dengan jumlah soal 8 buah yang telah divalidasi oleh validator.
Hasil pretes nilai rata-rata kelas eksperimen 15,69 dengan standart deviasi 6,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol 12,86 dengan tandart deviasi 12,23. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji t-2 pihak, thitung=1,7748, ttabel=1,2,002 (thitung<ttabel) menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Hasil postes nilai rata-rata kelas ekperimen 63,67 dengan standart deviasi 11,74 dan nilai rata-rata kelas kontrol 40,12 dengan standart deviasi 11,30. Uji t-1 pihak, thitung=7,91164 , ttabel=1,671 (thitung> ttabel), hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar masing-masing sampel akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester I SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 054 |
Keywords: | Model Pembelajaran ; Pembelajaran Discovery; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:38 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32631 |