UTAMI, GITA ERDI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA MENGGUNAKAN INSEKTARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143141019 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4143141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM 4143141019 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4143141019 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4143141019 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4143141019 ILLUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4143141019 TABLE_doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4143141019 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4143141019 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13. NIM 4143141019 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 4143141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kelayakan isi Media Pembelajaran Insektarium berdasarkan hasil penilaian ahli materi; (2) Tingkat kelayakan tampilan Media Pembelajaran Insektarium berdasarkan hasil penilaian ahli media; (3) Tanggapan guru bidang studi terhadap pengembangan Media Pembelajaran Insektarium; (4) Tanggapan siswa terhadap pengembangan Media Pembelajaran Insektarium. Media Pembelajaran ini dikembangkan dengan model Thiagarajan (4-D) yang telah dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu pendefenisian, perancangan dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Tingkat kelayakan Media Insektarium menurut tim ahli materi berada pada kriteria “sangat layak” (86%); (2) Tingkat kelayakan Media Insektarium menurut tim ahli media berada pada kriteria “sangat layak” (84%); (3) Tingkat kelayakan Media Insektarium menurut guru bidang studi berada pada kriteria : sangat layak” (94%); (4) Tingkat kelayakan Media Insektarium menurut siswa melalui uji coba perorangan berada pada kriteria “layak” (86,6%), uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “layak” (91,6%), dan uji coba kelompok terbatas berada pada kriteria “layak” (97,6%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian Media Insektarium yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan siswa kelas X SMA. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji coba lapangan terbatas, maka untuk mengetahui keefektifannya terhadap produk ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 024 |
Keywords: | Pengembangan. Media Pembelajaran, Insektarium |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:37 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32630 |