NINGRUM, RESTI AYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_4143121046_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
02_4143121046_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
03_4143121046_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04_4143121046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
05_4143121046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
06_4143121046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
07_4143121046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
08_4143121046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
09_4143121046_BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13_4143121046_BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14_4143121046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas zat padat dan hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design.. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas dimana kelas XI Mipa 4 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI Mipa 5 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar berupa tes esai serta instrumen nontes yang berupa observasi aktivitas belajar siswa. Data pretes kemampuan awal siswa harus sama diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 42,05 dan rata- rata postes kelas kontrol sebesar 41,39. Setelah dilakukan perlakuan pada masing masing kelas diperoleh rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 87,01 dan rata- rata postes kelas kontrol sebesar 72,21. Dari hasil pengamatan observer diperoleh peningkatan rata- rata aktivitas belajar siswa dari pertemuan I sebesar 53,8 dengan kategori cukup aktif, pertemuan II sebesar 80,0 dengan kategori aktif. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 051 |
Keywords: | Model Inquiry Training, Hasil Belajar, aktivitas |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 10:14 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32614 |