UKHTIKHUMAYROH (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121060 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4143121060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM 4143121060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM 4143121060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
5. NIM 4143121060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM 4143121060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
7. NIM 4143121060 TABLES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
8. NIM 4143121060 APPENDICIES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
9. NIM 4143121060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM. 4143321014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. NIM 4143121060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
15. NIM 4143121060 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan alat praktikum terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest- Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA-5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA-4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik class random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essay dengan jumlah soal sebanyak 6 soal yang telah divalidasi oleh validator. Hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 29,17 dan 28,30. Setelah diberi perlakuan, hasil postes nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 71,64 dan 63,44. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 044 |
Keywords: | Problem based learning, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:50 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32597 |