SiMATUPANG, ARLIS (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SISWA DI SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3143121007 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2.NIM 3143121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM 3143121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM 3143121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 3143121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM 3143121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 3143121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 3143121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
12. NIM 3143121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM 3143121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tarutung. Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling (acak) dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XIPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitia ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperiment adalah 45,48, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, data nilai pretest dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengijian hipotesis diperoleh bahwa kemampual awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Data posttest yang siperoleh yaitu hasil rata-rata kelas
eksperimen yaitu 87,90 dan kelas kontrol 75,48. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh > , Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teshasil belajar dalam bentuk pilihan berganda, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Discovery Learning mempunyai perbedaan atau pengaruh terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tarutung T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 023 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJRAN DISCOVERY LEARNING |
Subjects: | K Law > KBR History of canon law L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:42 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32594 |