RAHMIZUL, SUCI (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN RAMBUT SOLID PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143144020 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5143144020 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5143144020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 5143144020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 5143144020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 5143144020 TABLE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM. 5143144020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 5143144020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM. 5143144020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM. 5143144020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 5143144020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut solid setelah dibelajarkan dengan metode demontrasi berbantuan media video maupun setelah dibelajarkan metode demonstrasi tanpa media serta mengetahui pengaruh penggunaan metode demontrasi berbantuan media video terhadap hasil belajar pemangkasan rambut solid pada siswa Kelas XI SMKN 10 Medan.
Penelitian termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling), satu kelas diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media video (kelas eksperimen) dan kelas lainnya diajarkan dengan metode demonstrasi tanpa media (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebanyak 46 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji-t atau pendekatan Independent Sampel T-Test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media video pada materi pemangkasan rambut solid diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 83,93 dan hasil belajar siswa kelas kontrol setelah diajarkan dengan metode demonstrasi tanpa media diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 79,30. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (4,158 > 2,00) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi berbantuan media video terhadap hasil belajar pemangkasan rambut solid siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Metode demonstrasi berbantuan media video memberikan pengaruh lebih tinggi sebesar 5,84% terhadap hasil belajar siswa pada materi pemangkasan rambut solid dibandingkan metode demonstrasi tanpa media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 004 |
Keywords: | METODE DEMONSTRASI, VIDEO, PEMANGKASAN RAMBUT SOLID |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:33 |
Last Modified: | 15 May 2019 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32590 |