Siahaan, Saluat (2011) ANALISIS KESULITAN MENGAJAR DAN BELAJAR KIMIA DI KELAS X RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMA NEGERI DI KOTA MEDAN, BINJAI DAN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1-809425018 Pengantar.pdf - Published Version
Download (798kB) | Preview
2-809425018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3-809425018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
4-809425018 Bab I.pdf - Published Version
Download (974kB) | Preview
5-809425018 Bab V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6-809425018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengajar Guru dan belajar kimia Siswa di kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioanal( RSBI) SMA Negeri di Kota Medan, Binjai dan Deliserdang,yaitu SMA Negeri 1 Medan, SMA Negeri 5 Binjai dan SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Dengan total sampel 180 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket yang sudah divalidasi.Teknik analisis data digunakan Microsoft excel 2003 . Dan hasil penelitian menunjukan Hasil perhitungan persentase skor tertinggi kesulitan mengajar guru yaitu sebesar 67,5% yang termasuk ke dalam kategori sulit sedangkan persentase skor terendah yaitu 57,5% dengan kategori tingkat kesulitan kurang sulit dengan persentase rata-rata sebesar 61,67% yang tergolong dalam kategori sulit.. Nilai rata-rata kesulitan belajar siswa sebesar 62,87% yang termasuk kedalam kategori Selaras dengan kesulitan guru dalam mengajar kimia, kesulitan tertinggi sebesar 88% dengan kategori sangat sulit, terendah sebesar 44% tergolong kategori kurang sulit serta sulit.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mengalami kesulitan dalam mengajar kimia pada RSBI hal ini dikarenakan kompetensi guru yang masih kurang dan belum terlaksananya aturan RSBI secara menyeluruh. Aktivitas guru saat pembelajaran berlangsung masih tergolong ke dalam kategori sedang. Siswa mengalami kesulitan belajar kimia pada RSBI hal ini dikarenakan kompetensi siswa yang masih kurang dan belum terbiasanya siswa dengan pembelajaran secara RSBI. Aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung masih tergolong ke dalam kategori sedang. Untuk itu disaran kan sebaiknya kompetensi guru dalam mengajar dipersiapkan sebelum suatu sekolah ditetapkan menjadi RSBI ,agar pelaksanaan pembelajaran secara RSBI dapat terlaksana dengan balk., dilakakan revisi secara berkala terhadap pelaksanaan proses RSBI oleh petugas yang berwenang.dilakukannya pelatihan secara rutin terhadap guru dalam meningkatkan kompetensi mengajarnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sia a |
Keywords: | Pembelajaran;Sekolah;Senior High Schools;Pendidikan;Kompetensi;Pembiayaan; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3259 |