PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA N 5 MEDAN T.P 2017/2018

MANIK, DELIMA SARI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA N 5 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4141121006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4141121006 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4141121006 LEMBAR PENGESAHAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4141121006 LEMBAR PENGESAHAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.4141121006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM.4141121006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.4141121006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM.4141121006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.4141121006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM.4141121006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.4141121006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.NIM.4141121006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.4141121006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.NIM.4141121006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.4141121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM.4141121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.4141121006 BAB I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.4141121006 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.4141121006 BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.4141121006 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.4141121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM.4141121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan virtual laboratory terhadap KPM siswa , 2) peningkatan KPM siswa menggunakan model PBL dan konvensional, 3)aktivitas siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas XI MIPA-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 40 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes kemampuan pemecahan masalah bentuk essai sebanyak 8 soal yang dinyatakan validkan oleh para ahli dan (2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 19,79 dan kelas kontrol 20,28. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Uji hipotesis data pretes dengan uji t menunjukkan thitung <ttabel artinya KPM awal siswa sama. Nilai rata-rata postes kemampuan pemecahan siswa kelas eksperimen adalah 65,00 dan kelas kovensional adalah 44,01. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 9,85 dan ttabel= 1,994 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka ada pengaruh penerapan model PBL berbantu virtual Laboratory terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Peningkatan KPM siswa dengan menggunakan N-Gain ternormalisasi didapat bahwa persentase N-Gain KPM kelas eksperimen sebesar 56% kategori sedang sedangkan kelas kontrol 29,7% dengan kategori rendah. Nilai rata-rata aktivitas kelas eksperimen sebesar 70,66% kategori cukup aktif dan kelas kontrol sebesar 62,66 kategori kurang aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 043
Keywords: Problem Based Learning,Virtual Lab,Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:24
Last Modified: 15 May 2019 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32586

Actions (login required)

View Item
View Item