PASARIBU, ULPA TAHARA (2018) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMKS AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141099 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7143141099 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM. 7143141099 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 7143141099 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 7143141099 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
6. NIM. 7143141099 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143141099 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143141099 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7143141099 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
13. NIM. 7143141099 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 7143141099 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status keterampilan metakognitif dan retensi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMKS Al Washliyah3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKS Al washliyah 3 medan yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI AP dan XI AK. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu: uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y=11,847 + 14,526X1 + 5,794X2+ e. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial keterampilan metakognitifsiswa memiliki pengaruh yang positf dan signifikan terhadap hasil akademik siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,476 > 2,010) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, retensi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil akademik siswa dengan thitung>ttabel (2,373 > 2,010) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif dan retensi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil akademik siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (14,667 > 3,19) pada taraf signifikansi α = 0,002< 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan metakognitif dan retensi belajar terhadap hasil belajar siswa baik secara parsial dan simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 004 |
Keywords: | Keterampilan Metakognitif, Retensi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:13 |
Last Modified: | 15 May 2019 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32580 |