NASUTION, INDAH APRIYANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141037 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 7143141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 7143141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 7143141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7143141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 7143141037 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7143141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7143141037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7143141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM. 7143141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 7143141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru dalam memilih model pembelajaran yang diterapkan siswa dapat lebih kreatif dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Negeri 1 Medan Tahun pelajaran 2018/2019. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X AP 2 dan AP 3 yang terdiri dari 71 siswa. Kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar kearsipan dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test siswa kelas kelas eksperimen I adalah 51,86 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 35 serta standar deviasinya 11,70. Sedangkan kelas eksperimen II nilai rata-ratanya 49,03 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 30 serta standar deviasinya 12,47. sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test siswa kelas eksperimen berdistribusi normal. Untuk pos test kelas eksperimen I (Lhitung) = 0,107 dan dari daftar uji Liliefors dengan taraf signifikan 95% dan n=36 diperoleh Ltabel = 0,148. Jadi diperoleh hasil Lhitung < Ltabel ( 0,107 < 0,148), sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test siswa kelas eksperimen berdistribusi normal. hasil belajar dengan menggunakan Mind Mapping lebih tinggi dengan persentase 63,46% sedangkan Problem Based Learning mengalami peningkatan sebesar 64,77% pada kelas kelas X AP di SMK N 1 Medan T.A. 2018/2019. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping dan problem based learning terhadap hasil belajar kearsipan kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 012 |
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:55 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32561 |