FEBRINA, GITA (2018) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142141056 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 7142141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
3. NIM. 7142141056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 7142141056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7142141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 7142141056 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7142141056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7142141056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
12. NIM. 7142141056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 7142141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick terhadap hasil belajar siswa. Selain ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick pada mata pelajaran Korespondensi di SMK Swasta YPHB Kuala. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dilaksanakan di SMK YPHB Kuala yang beralamat di di jalan Binjai – Kuala, km 18,5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-AP1(eksperimen) yang berjumlah 30 dan kelas X AP2 (kontrol) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini digunakan untuk mengambil data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 85 dengan standar deviasi 6,297. Sedangkan nilai rata rata kelas kontrol adalah 59,33 dengan standar deviasi 12,83. Berdasarkan pengujian hipotesis satu arah diperoleh t(0,95)(58) sebesar 1,671 dengan perhitungan interpolasi linear. Dimana hasil perhitungan thitung >ttabel (6,5900 >1,674), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X di SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala Tahun Ajaran 2018/2019. Dan hasil belajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick lebih tinggi dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X AP SMK YPHB Kuala. T.A 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 011 |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick, Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:53 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32559 |