BR SITEPU, DEBYE CHINTIA (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN TEKNIK MENIRU AHLINYA (COPY THE MASTER) OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311014 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2143311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
3. NIM 2143311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 2143311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 2143311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 2143311014 TABLE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 2143311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2143311014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
12 NIM 214311014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM 2143311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, kemampuan menulis siswa masih rendah, pembelajaran menulis teks persuasi masih tergolong baru dalam jenjang pendidikan sekolah menengah pertama, dan guru masih menggunakan metode konvensional dalam pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi dengan teknik meniru ahlinya (copy the master) oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 dan VIII-7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah tes menulis teks persuasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data penelitian, kemampuan menulis teks persuasi tanpa teknik meniru ahlinya (copy the master) oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 70.59. Sebanyak 10 orang atau 48.14% berada pada kategori baik, 10 orang atau 37.03% berada pada kategori cukup dan 4 orang atau 18,81% berada pada kategori kurang. Nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa diperoleh dari tiga aspek penilaian. Pada aspek struktur nilai siswa tergolong cukup baik dengan nilai rata-rata 28.33, aspek kaidah kebahasaan teks persuasi tergolong sedang cukup dengan nilai rata-rata 18 dan aspek penulisan tergolong sedang cukup dengan nilai rata-rata 23.14. Sedangkan kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan teknik meniru ahlinya (copy the master) oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi dapat dikategorikan baik dengan memperoleh nilai rata-rata 80.81. Sebanyak 3 orang atau 9.09% berada pada kategori sangat baik, 28 orang atau 84.84% berada pada kategori baik dan 2 orang atau 6.06% berada pada kategori kategori cukup. Nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa diperoleh dari tiga aspek penilaian. Pada aspek struktur nilai siswa tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 31.57, aspek kaidah kebahasaan teks persuasi tergolong cukup baik dengan nilai rata-rata 22.15 dan aspek penulisan tergolong cukup baik dengan nilai rata-rata 27.06. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasi dengan teknik meniru ahlinya (copy the master) dikategorikan baik. Dengan teknik meniru ahlinya (copy the master) ini membantu siswa dalam memahami teks persuasi baik dari segi struktur, kaidah kebahasaannya serta tata penulisannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 010 |
Keywords: | menulis, teks persuasi, meniru ahlinya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:20 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32553 |