SOLIN, SUSILAWATI (2018) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 SIGUNUNG KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.2143311058 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM.2143311058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
3. NIM.2143311058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM.2143311058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM.2143311058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM.2143311058 TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM.2143311058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
11. NIM.2143311058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
12. NIM.2143311058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan adanya kendala ketika guru menyususun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehinga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Kurikulum 2013 tidak dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Sigunung Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, (1) Apakah RPP guru sesuai dengan Kurikulum 2013 (2) Bagaimana tingkat kesesuaian RPP guru berdasarkan pesyaratan kurikulum 2013 (3) Mengapa terjadi ketidak sesuaian RPP guru berdasarkan kurikulum 2013. Permasalahan tersebut diteliti di SMA Negeri 1 Sigunung Kabupaten Pakpak Bharat. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak tiga RPP guru Bahasa Indonesia dengan Metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen RPP yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Sigunung Kabupaten Pakpak Bharat. Berdasarkan kelengkapan komponen dari sistematika penyusunan Komponen RPP, yaitu untu RPP KD 3.1 dan 4.1 (85%), RPP KD 3.2 dan 4.2 (88%) kategori cukup baik, dan RPP KD 3.3 dan 4.3 (90) kategori baik. Melalui penelitian ini diharapkan semua Guru Bahasa Indonesia pada umumnya dan guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sigunung Kabupaten Pakpak Bharat khususnya dapat belajar dari hasil penelitian RPP Kurikulum 2013 ini. Agar dikemudian hari, Guru semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 009 |
Keywords: | RPP, Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:19 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32552 |