IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI 060939 KECAMATAN MEDAN AMPLAS

Tampubolon, Manner (2011) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI 060939 KECAMATAN MEDAN AMPLAS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188130063 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188130063 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188130063 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188130063 Abstrak.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188130063 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188130063 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188130063 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188130063 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5-081188130063 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188130063 Bab V.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188130063 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188130063 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah sampai sejauh manakah hubungan sekolah dengan masyarakat melalui peran kepala sekolah dan peran komite sekolah dalam mengimplementasikan MBS untuk peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan mutu penyelenggaran pendidikan di SD Negeri 060939 Kecamatan Medan Amplas melalui peran Kepala Sekolah dan peran Komite Sekolah.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatip. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah, yang mewakili guru, yang mewakili orang tua siswa dan komite sekolah.Temuan penelitian meununjukkan bahwa implementasi MBS di SD Negeri 060939 Kecamatan Medan Amplas, yaitu: (a) pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat sebagai salah satu komponen manajemen sekolah dalam implementasi MBS melalui peran sekolah dan komite sekolah telah meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan layanan pendidikan, (b) kerjasama kepala sekolah dengan komite sekolah telah dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan, (c) Dengan melibatkann seluruh guru dan komite sekolah dalam pengambilan keputusan menunjukkan bahwa sudah terbentuk demokratisasi penyelenggaraan pendidikan.Dari temuan di atas disimpulkan bahwa: (a) pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dengan dengan masyarakat dalam implementasi MBS telah dapat meningkatkan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan, (b) Kegiatan-kegiatan yang dilakukan telah dapat meningkatkan keputusan bersama dengan warga sekolah telah terjadi demokratisasi dalam penyelenggaraan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.240 68 Tam i
Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Mutu pendidikan; Sekolah; Kepala sekolah; Komite sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Apr 2016 18:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item
View Item