SITEPU, SURUHEN PRATAMA (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR KELAS X DI SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5132122013 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 5132122013 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM 5132122013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 5132122013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 5132122013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM 5132122013 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 5132122013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
8. NIM 5132122013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
9. NIM 5132122013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM 5132122013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM 5132122013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi menjelaskan cara penggunaan alat ukur dasar dengan menggunakan Metode Quantum Teaching di kelas X TSM SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi penggunaan alat ukur dengan menggunakan Model Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TSM SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling yaitu kelas X TSM I dan X TSM II, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Penggunaan Alat Ukur. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi menjelaskan cara penggunaan alat ukur dasar kelas eksperimen (menggunakan Metode Quantum Teaching) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Ekpositori) diperoleh nilai rata-rata 72,93 dan standar deviasi 6,617 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 %. Hasil uji-t diperoleh nilai t_hitung 6,43 > t_tabel 1,669 , maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Quantum Teaching memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Penggunaan Alat Ukur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 002 |
Keywords: | Hasil Belajar Penggunaan Alat Ukur, Metode Quantum Teaching, Model Pembelajarn Ekpositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32536 |